Thursday, June 4, 2009

Apakah seorang pengajar harus kreatif?


Kita sering kali mendengar kata kreatif dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebenarnya apa itu kreatif? Kreatif berasal dari kata create yang berarti menciptakan. Menurut kamus Bahasa Indonesia kreatif berarti memiliki daya cipta. Setiap orang harus kreatif untuk mengembangkan diri dan kemampuannya.

Sebagai pengajar pun harus kreatif dalam pengajarannya. Ia harus menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan di kelas sehingga para murid menjadi semangat dalam belajar. Murid menjadi pelajar aktif dan reflektif yang sering disebut dengan pengajaran student-centered. Pengajaran ini mendorong pengajar untuk membantu murid secara aktif mengonstruksi pemahaman mereka, berpikir mendalam, memecahkan problem dunia nyata, dan memotivasi diri sendiri.

Kebanyakkan ditemukan di sekolah-sekolah bahwa para pengajar hanya melakukan aktivitas belajar-mengajar yang rutin dan terlalu kaku. Hal tersebut membuat para murid menjadi jenuh dan tidak ada motivasi di dalam dirinya untuk terus maju dan mencari ilmu. Untuk itu para pengajar harus menjadi seorang yang kreatif.

Saya mempunyai beberapa ide membuat aktivitas belajar-mengajar yang menarik dan menyenangkan khususnya untuk murid kelas 1 SD. Semoga ide saya dapat bermanfaat.

Monday, June 1, 2009

Pelajaran Bahasa Indonesia


Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para murid di sekolah. Tak heran apabila mata pelajaran ini kemudian diberikan sejak masih di bangku SD hingga lulus SMA. Dari situ diharapkan murid mampu menguasai, memahami, dan dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa seperti membaca, menyimak, menulis, dan berbicara.


Selama ini pengajaran bahasa Indonesia di sekolah cenderung konvesional, bersifat hafalan, penuh jejalan teori-teori linguistik yang rumit, serta tidak ramah terhadap upaya mengembangkan kemampuan berbahasa murid. Hal ini khususnya dalam kemampuan membaca dan menulis. Pola semacam itu hanya membuat murid merasa jenuh untuk belajar bahasa Indonesia.


Pada umumnya para murid menempatkan mata pelajaran bahasa pada urutan terakhir dalam pilihan para murid yaitu setelah pelajaran-pelajaran eksakta dan beberapa ilmu sosial lain. Jarang murid yang menempatkan pelajaran ini sebagai favorit. Hal ini semakin terlihat dengan rendahnya minat murid untuk mempelajarinya dibandingkan dengan mata pelajaran lain.


Saya menyoroti masalah ini setelah melihat adanya metode pengajaran bahasa yang telah gagal mengembangkan keterampilan dan kreativitas para murid dalam berbahasa. Hal ini disebabkan karena pengajarannya yang bersifat formal akademis dan bukan untuk melatih kebiasaan berbahasa para murid itu sendiri. Oleh karena itu, sebagai pengajar harus kreatif dalam pengajarannya.


Pelajaran bahasa Indonesia mulai dikenalkan di tingkat sekolah sejak kelas 1 SD. Seperti ulat yang hendak bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Mereka memulai dari nol. Pada masa ini materi pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan mencakup membaca, menulis sambung, dan membuat karangan. Para murid harus sering latihan untuk membaca dan menulis huruf sambung. Pengajar tidak hanya menjelaskan secara teoritis.


Pengajar dapat memberikan aktivitas kepada murid untuk membuat karangan singkat dari gambar yang akan diberikan oleh pengajar. Setelah itu, pengajar dapat menyuruh murid untuk membacakan karangan tersebut di depan kelas.



Ceritakanlah gambar-gambar di bawah ini dengan dua atau tiga kalimat yang sederhana!


1.


2.

3.