Thursday, June 4, 2009

Apakah seorang pengajar harus kreatif?


Kita sering kali mendengar kata kreatif dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebenarnya apa itu kreatif? Kreatif berasal dari kata create yang berarti menciptakan. Menurut kamus Bahasa Indonesia kreatif berarti memiliki daya cipta. Setiap orang harus kreatif untuk mengembangkan diri dan kemampuannya.

Sebagai pengajar pun harus kreatif dalam pengajarannya. Ia harus menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan di kelas sehingga para murid menjadi semangat dalam belajar. Murid menjadi pelajar aktif dan reflektif yang sering disebut dengan pengajaran student-centered. Pengajaran ini mendorong pengajar untuk membantu murid secara aktif mengonstruksi pemahaman mereka, berpikir mendalam, memecahkan problem dunia nyata, dan memotivasi diri sendiri.

Kebanyakkan ditemukan di sekolah-sekolah bahwa para pengajar hanya melakukan aktivitas belajar-mengajar yang rutin dan terlalu kaku. Hal tersebut membuat para murid menjadi jenuh dan tidak ada motivasi di dalam dirinya untuk terus maju dan mencari ilmu. Untuk itu para pengajar harus menjadi seorang yang kreatif.

Saya mempunyai beberapa ide membuat aktivitas belajar-mengajar yang menarik dan menyenangkan khususnya untuk murid kelas 1 SD. Semoga ide saya dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment