Saturday, May 23, 2009

Kesimpulan


Kesimpulannya adalah sebagai pengajar harus kreatif dalam pengajarannya. Pengajar menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan. Proses belajar yang tadinya berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada murid (learner centered). Hal tersebut dapat mendorong murid untuk terlibat dalam membangun pengetahuan, sikap, dan perilaku.


Dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, murid memperoleh kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam (deep learning) dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu kualitas murid.


Melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada murid maka murid harus berpartisipasi secara aktif, selalu ditantang untuk memiliki daya kritis, mampu menganalisis, dan dapat memecahkan masalah-masalahnya sendiri. Pengajar memberikan aktivitas-aktivitas supaya murid terus berlatih dalam mengerjakan tugasnya. Aktivitas yang diberikan haruslah menarik supaya murid semakin termotivasi untuk mengerjakan tugasnya tersebut.


Sekian dan Terima Kasih


Sumber:

Santrock, J.W. (2008). Educational Psychology (3nd ed.). NY: McGrawHill company.

www.wikipedia.com

www.google.com


No comments:

Post a Comment