Saturday, May 30, 2009

Pelajaran Bahasa Inggris


Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia sudah dimulai pada saat setelah masa Kemerdekaan Indonesia. Berbagai kurikulum dan metode telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menguasai bahasa Inggris. Salah satu cara pemerintah dalam meningkatkan kemampuan murid dalam berbahasa Inggris adalah memperkenalkan bahasa Inggris lebih dini, yaitu dimulai dari sekolah dasar. Murid kelas 1 SD sudah belajar pelajaran bahasa Inggris.

Materi pengajaran bahasa Inggris untuk murid kelas 1 SD haruslah bersifat gembira dan interaktif. Oleh sebab itu materi dan metode yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan murid. Para pengajar dapat menggunakan lagu, teka teki, permainan, dan gambar yang menarik selama proses belajar mengajar tersebut. Akan tetapi tidak semua permainan untuk murid cocok bagi mereka. Oleh karena itu, tugas dan kewajiban pengajar untuk dapat menyeleksi permainan yang cocok buat mereka sesuai dengan tingkat kognitif, fisik, dan emosional anak.


Hasil data juga menunjukkan bahwa para pengajar percaya bahwa buku pelajaran murid seharusnya penuh warna agar menjadi menarik perhatian dan motivasi murid itu sendiri. Gambar yang berwarna dan interaktif membuat murid menjadi tertarik dan penasaran sehingga menambah motivasi mereka untuk mempelajari bahan selanjutnya. Ditambahkan pula bahwa murid akan lebih mudah untuk menghafal kosa kata ketika mereka melihat sesuatu yang menarik. Pembelajaran menulis, membaca, berbicara, dan menyimak haruslah diajarkan secara terpadu.


Permainan yang dapat digunakan oleh pengajar


Scrabble


Permainan ini mengasah kemampuan kognitif murid dalam berpikir secara tepat dan teratur.

Cara memainkannya adalah:

1. Permainan ini melibatkan lebih dari satu pemain sehingga dampingi anak atau ajak teman-teman anak untuk ikut bermain dengan maksimal 4 pemain. Jadi, pengajar harus mempersiapkan beberapa scrabble tergantung jumlah murid.

2. Mulailah bermain menempatkan huruf-huruf a-z sesuai dengan gilirannya, buat huruf-huruf tersebut membentuk satu kata yang mengandung arti, misal nama hewan (dalam bahasa Inggris).

3. Teruslah bergantian memasang huruf-huruf sampai papan bermain telah penuh.

4. Hitung skor untuk tiap pemain dan pemenangnya adalah yang mempunyai skor tertinggi.




Lagu yang dapat digunakan oleh pengajar untuk dinyanyikan bersama murid


A B C SONG


TEN LITTLE INDIANS


TWINKLE TWINKLE LITTLE STAR

No comments:

Post a Comment